The Use Of Drama As A Strategy To Improve Students’ Speaking Skill In SMA Negeri 1 Essang

Authors

  • Santi Maria Maloring Universitas Kristen Indonesia Tomohon
  • James Edward Lalira Universitas Kristen Indonesia Tomohon

Keywords:

drama, kemampuan berbicara, belajar mengajar

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di SMA Negeri 1 Essang secara khusus di kelas XII Program Studi IPA sebagai subjek penelitian, dengan menerapkan Drama sebagai strategi belajar mengajar. Drama diajukan oleh peneliti untuk digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa karena, Drama adalah kegiatan menarik dan juga merupakan sebuah wadah yang memberikan kebebasan bagi siswa untuk mengekspresikan diri mereka dan menjadi lebih aktif di dalam kelas. Desain dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang di desain oleh Kurt Lewin. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 pertemuan dalam, 2 siklus, terdiri dari 2 pertemuan di tiap siklus. Dua pertemuan pertama dilaksanakan pada tanggal 3 Mei dan 10 Mei 2018 sedangkan yang terakhir dilaksanakan pada 17 Mei dan 24 Mei 2018. Jenis Penelitian dari penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif dan metode pengumpulan datanya adalah Simak Limak serta untuk tekniknya menggunakan metode Simak Libat Cakap oleh Mashun (2007) sementara untuk analisis datanya peneliti menggunakan model data analisis dan teknik dari Miles and Huberman (1984).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Bloomfield, L. 1995. Bahasa.Penerjemah: Sutikno. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Arikunto. S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Bailey. K.M. & Savage L. 1994. New Ways in Teaching Speaking. Alexandria, VA: Teachers of English to Speakers of Other Languages..

Budianta, dkk. 2002. Membaca Sastra. Magelang: Indonesiatera.

Burns. A & Joyce .H. 1997. Focus on Speaking. Sydney: National Center of English Language Teaching and Research.

Chaney, A.L & Burk, T.L. 1998. Teaching Oral Communication in Grades K-8. Boston: Allyn & Bacon.

Harmer. J. 2001. The Practice of English Language Teaching 3rd Edition. England: Longman.

Mahsun. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Miles, M, B & Huberman. M. A. 1984. Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. California: SAGE Publication Inc.

Polit. D & Hungler. B. 1999. Principles and Methods. Philadelphia: Lipincott Company

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta

Sukmadinata. N.S. 2010. Metode Penelitian Tind akan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia-Remaja Rosdakarya.

Suyanto. 1997. Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

The Handbook of Language and Globalization Edited by Nikolas Coupland. A John Wiley & Sons, Ltd., Publication.

Ustundag. T. 1997. The Advantages of Using Drama as A Method of Education In Elemetary Schools. Hacettepe University: Faculty of Education, Department of Curriculum and Instruction.

Waluyo.W.J. 2001. Drama teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: PT. Hanindita Graha Widya

Downloads

Published

2023-06-21

How to Cite

Maloring, S. M., & Lalira, J. E. (2023). The Use Of Drama As A Strategy To Improve Students’ Speaking Skill In SMA Negeri 1 Essang. Rhapsodi Jurnal Studi Multidisiplin, 1(1), 1–9. Retrieved from http://journal.fkipukit.ac.id/index.php/RJSM/article/view/1

Issue

Section

Articles